Lowongan Kerja Di Tengah Krisis Global

Setiap individu membutuhkan pekerjaan. Baik untuk orientasi penghidupan secara maupun maupu motif lain. Pekerjaan, professional atau sampingan, secara sederhana dapat disamakan. Ini dilihat dari sudut pandang motif ekonomi sebuah pekerjaan. Yakni dalam hal keperluan individu untuk dapat memperoleh sejumlah penghasilan untuk guna memenuhi kebutuhan.
Tidak dapat dipungkiri bahwa ada individu yang memilih sebuah profesi tidak karena uang semata. Namun lebih kepada motif hobbi, keluarga, pengakuan social, dan lain sebagainya. Dengan begitu, orientasi untuk memperoleh penghasilan rutin dalam jumlah tertentu tidak menjadi hal utama. Meski untk kondisi krisis global sekarang ini, bukan momen yang tepat untuk mereka yang memiliki motif unik selain penghasilan hidup. Mengapa? Karena terlalu banyak kaum perkerja dan karyawan yang kehilangan piring nasinya akibat ‘wabah’ PHK yang menggejala.
Pada faktanya, krisis global memperparah angka pengangguran. Laporan International Labor Organization (ILO) menyebutkan 5 juta pengangguran baru selama 2008 atau bertambah sekitar 6,1 persen. Total keseluruhan pengangguran mencapai 189,9 juta jiwa. Jauh lebih buruk dibanding tahun sebelumnya yang masih mampu menyediakan 45 juta lapangan kerja baru.
Jepang, Negara moneter terkuat dunia pun tidak luput dari imbas krisis. http://www.asahi.com mencatat 30.000 karyawan di Jepang dalam proses pemutusan hubungan kerja saat ini ataupun menjelang musim semi mendatang. Menurunnya tingkat konsumsi domestic membuat semakin parah keadaa. Pemerintahan Taro Aso dengan persetuan dewan legislative menyepakati program stimulus sebesar 3 trilyun yen. Hal ini diarahkan untuk menggairahkan kembali mobilitas ekonomi dalam negeri Jepang serta menggenjat pasar luar.

2 Comments

Filed under Uncategorized

2 responses to “Lowongan Kerja Di Tengah Krisis Global

  1. mampiir…salam kenal ya..

    di tunggu kunjungan kenegaraannya..

    carpe diem

  2. Pingback: Krisis Finansial Global bagi Mahasiswa « Haris Suryanegara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s