Judul-Judul Skripsi dan Proposal Penelitian Ilmu Hubungan Internasional

Mengerjakan tugas akhir skripsi dapat dikatakan gampang-gampang susah. Gampang karena sekarang akses informasi dan data relatif terbuka lebar dengan adanya internet. Apalagi jika sebuah kampus didukung dengan fasilitas online library atau virtual library yang memadai. Akan semakin mudah jelasnya. Susah, karena tugas akhir seperti skripsi atau penelitian membutuhan setidaknya 2 hal: pertama, ketekunan, kedua, waktu luang untuk dapat berkonsterasi lebih. Ketekunan dan konsentrasi di waktu luang tersebut sangat tergantung denga kualitas dan jenis hasil penelitian yang diharapkan. Berikut ini beberapa judul skripsi dan proposal penelitian yang boleh jadi memberi inspirasi teman-teman akademisi Ilmu Hubungan Internasional untuk segera memulai tugas akhir tersebut.

1. Peluang dan Tantangan Hubungan Bilateral Iran-Amerika Serikat paska kemenangan Obama.
Ini menjadi judul yang menarik karena beberapa waktu lalu Obama memberikan tawaran kepada Iran untuk sebuah ‘era baru’. Akan tetapi, sikap apatis yang dilontarkan oleh sang Imam Khomeini pada saat perayaan Ultah Revolusi Iran terdengar pesimis dengan keseriusan Obama. Coba baca postingan saya berikut ini: http://interdisciplinary.wordpress.com/2009/03/28/hubungan-bilateral-iran-as-change-we-dont-believe-in/

2. Dampak Krisis Global terhadap Sektor Ekspor Komoditi Indonesia
Mewabahnya krisis global merupakan suatu hal yang serius terhadap stabilitas ekspor nasional ke luar negeri. Menurunnya tingkat permintaan barang dari luar begitu mengkhawatirkan. Wajar saja beberapa eksporting companies melakukan rasionalisasi hingga PHK karyawan untuk efisiensi biaya operasional perusahaan. Telusuri lebih lanjut.

3. Prospek Pemilu 2009 dalam Membangun Citra Demokrasi Nasional di Luar Negeri
Pemilu 2009 merupakan tantangan tersendiri. Tahun 2004 Indonesia pernah mendapat sanjungan internasional karena dapat melaksanakan Pemilu secara damai. Akankan potensi konflilk dengan awal mula Pemilu 2009 ini membawa hal positif atau sebaliknya bagi citra Indonesia di Luar Negeri? Silahkan telusuri lebih jauh.

3 judul skrisi dan proposal penelitian di atas sangat sederhana. Namun semoga hal tersebut dapat menjadi inspirasi bagi teman-teman akademisi HI untuk segera memulai petualangan intelektual dalam tugas akhir ini. Selamat mencoba. Bon courage.

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s